Adab Haji & Umrah

Adab-adab yang harus diketahui dan diamalkan oleh orang yang melaksanakan ibadah haji[1] dan umrah guna menggapai kemakbruran dalam haji dan umrahnya diantaranya adalah sebagi berikut ini:

  1. Istikharah kepada Allah dalam menentukan waktu, kenderaan, dan teman, serta arah jalan jika banyak arah jalan, juga meminta pendapat orang-orang shalih dalam hal itu.
  2. Orang yang melaksanakan ibadah haji dan umrah harus berniat melaksanakan keduanya karena Allah dan mendekatkan diri kepadanya, janganlah ia bertujuan untuk mendapatkan dunia, atau membanggakan diri, atau mendapatkan gelar, atau riya dan sum’ah.
  3. Seseorang yang ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah harus memahami hukum-hukum haji dan umrah. Juga hukum-hukum safar sebelum melaksanakan perjalanan, seperti qashar, jama’, hukum-hukum tayammum, mengusap dua khuf, dan yang lainya yang dibutuhkannya di dalam perjalanan menunaikan manasik haji.
  4. Bertaubat dari segala perbuatan dosa dan maksiat, sama saja ia berhaji atau umrah, atau yang lainnya. Maka ia harus bertaubat dari semua dosa. Dan hakikat taubat adalah: berhenti dari semua dosa dan meninggalkannya, menyesali perbuatannya dan berteguh hati tidak akan mengulanginya. Dan jika berbuat zalim kepada orang lain, ia harus mengembalikan atau meminta halal darinya.
  5. Orang yang melaksakan haji dan umrah harus memilih harta yang halal untuk haji dan umrahnya, karena Allah Maha Baik tidak menerima kecuali yang baik, dan karena harta yang haram menyebabkan tidak diterima doa.[2] Dan darah apapun yang berasal dari harta yang haram maka api neraka lebih utama dengannya.[3]
  6. Disunnahkan baginya menulis wasiatnya, dan segala yang terkait hak dan kewajibannya.
  7. Dianjurkan agar ia berwasiat kepada keluarganya agar selalu bertaqwa kepada Allah.
  8. Berusaha dalam memilih teman yang shalih dan dari penuntut ilmu syar’i. Maka sesungguhnya hal ini termasuk sebab mendapat taufik dan tidak terjerumus dalam kesalahan di tengah perjalanan, saat haji dan umrahnya.
  9. Mengucapkan kata perpisan kepada keluarga, karib kerabat, dan para ulama dari tetangga dan sahabatnya. Nabi bersabda:
©Copyright 2015 PT. Mitra Mediatama Sejahtera. All right reserved.